Sabtu, 15 Oktober 2016

Posted by jinson on 23.45 No comments
PEMERINTAH DESA SUKOJATI
KECAMATAN KABAT KABUPATEN BANYUWANGI





A.     Visi
Visi merupakan konsepsi ideal yang dapat dipakai sebagai suatu pedoman dan penuntun untuk menuju terciptanya cita-cita yang dikehendaki dalam berbagai kegiatan manusia. Untuk itu, Visi pembangunan Desa Sukojati  dapat dirumuskan sebagai berikut : “MEWUJUDKAN MASYARAKAT DESA SUKOJATI  YANG SEJAHTERA, BERDAYA DAN  BERAKHLAKUL  KARIMAH.”

Ada tiga kata kunci dalam visi pembangunan desa Sukojati  yang memiliki makna strategis dan merupakan aspirasi masyarakat, diantaranya :
1.      Sejahtera adalah cita –cita dan kebutuhan manusia serta dambaan seluruh masyarakat, sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkannya. Kesejahtraan juga dapat dipandang sebagai suatu kondisi masyarakat dimana dengan kemampuan dan pontensinya mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.
2.      Berdaya adalah sebuah kondisi syarat dimana potensi dan kehendak seluruh komponen dan lembaga – lembaga masyarakat harus dipandang dalam posisi yang sejajar dan memilki peran yang seimbang, untuk mengoptimalkan kemampuan, tanggung jawab, dan konstribusi demi terwujudnya masyarakat mandiri.
3.      Akhlakul Karimah adalah cerminan harkat dan martabat manusia yang merupakan penuntun tingkah laku bagi setiap masyarakat sesuai dengan nilai – nilai agama, adat istadat dan etika moral yang ada. Sehingga penyelengaraan pemerintahan dan pelaksanaan kehidupan bertetangga dan masyarakat dapat harmonis, aman dan tentram.



B.    Misi
Misi adalah suatu aktifitas yang harus diemban dan dilaksanakan oleh Organisasi Pemerintah Desa bersama–sama masyarakat, agar visi yang telah ditetapkan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Ada empat misi yang diharapkan mampu merealisasikan Visi Desa Sukojati , diantaranya :
1.      Meningkatkan mental spiritual masyarakat desa Sukojati , melalui dakwah Islam dan peningkatan pendidikan Islam pada lembaga pendidikan Formal dan non formal serta peningkatan peran perpustakaan desa.
2.      Mewujudkan rasa aman masyarakat, melalui  efektifitas kegiatan siskamling, perwujudan lingkungan yang bersih dan sehat, peningkatan peran pengusaha dan buruh dalam perekonomian desa, perwujudan desa bebas narkoba, peningkatan peranan generasi muda dalam berbangsa dan bernegara, pemberdayaan petani dan buruh tani, serta pemberdayaan perempuan.
3.      Peningkatan pelayanan umum, meliputi seluruh infrastruktur seperti jalan dan jembatan, jaringan irigasi, sarana peribadatan, sarana pendidikan formal dan non formal dan sarana sosial. Peningkatan infrastruktur (Sarana dan prasarana) ini akan berdampak pada layanan masyarakat yang semakin meningkat sehingga kesejahteraan yang menjadi harapan masyarakat desa Sukojati  akan dapat terwujud.
4.      Mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, efektif, efisien dan akutabel, melalui peningkatan profesionalisme  aparatur pemerintahan desa, terwujudnya aparatur yang berdedikasi, berkualitas, terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik (Prima) kepada seluruh masyarakat desa Sukojati.



C.    Program
Sebagai konsekuensi dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa dipastikan muncul permasalahan, kemunculannya ini agar tidak semakin luas perlu ada pengelolaan permasalahan dengan baik, yaitu dengan melakukan inventarisasi permasalahan kemudian diberikan pemecahan secara cepat yang bersifat sementara maupun permanen.

Dari hasil inventarisasi permasalahan–permasalahan yang yang ada didesa dapat diklasifikasi sesuai bidang–bidang seperti :

1.      Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa meliputi :
a)     Belum optimalnya pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat desa
b)     Rendahnya tingkat pendapatan Perangkat Desa
c)     Keterbatasan pendanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa
d)     Rendahnya tingkat sumberdaya penyelenggara pemerintahan desa
e)     Belum memadainya sarana dan prasarana penyelenggaraan pemerintahan desa.
2.     Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa meliputi :
a)     Meluapnya air ketika musim penghujan karena kurang baiknya drainse
b)     Rusaknya Jalan Pakistaji - Sukojati  
c)     Rusaknya Jalan Sukojati  - Pakistaji
d)     Layananan kesehatan masyarakat kurang lancar
e)     Masih adanya rumah penduduk yang tidak layak huni
f)      Belum tertanya gang–gang di perkampungan penduduk
g)     Rawan keamanan dan ketertiban masyarakat di Jalan poros Sasak Bomo–Sumbersari.
3.      Bidang Pembinaan Kemasyarakatan meliputi :
a)     Masih adanya masyarakat yang melakukan aktifitas mandi, cuci dan kakus (MCK) di Sungai
b)     Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah akhir
c)     Masih adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat
d)     Rendahnya tingkat penghayatan dan pengamalan nilai–nilai keagamaan
e)     Semakin tergesernya nilai–nilai seni dan budaya desa.
4.      Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi :
a)     Angka kemiskinan masih tinggi
b)     Tingginya biaya produksi usaha tani tanaman pangan
c)     Tidak terlaksananya pola tanam padi dan polowijo secara serentak.


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar